Sabtu, 04 April 2015

Japanese Monster : Nissan Skyline GT-R R34

Bagi pecinta otomotif siapa yang tidak kenal dengan sportcar dari negeri sakura ini, Nissan Skyline GT-R R34. Untuk penggemar game balap, tentunya juga tidak heran dengan keganasan mobil ini dalam mengalahkan rival-rivalnya seperti Toyota Supra dan Mitsubishi 3000GT. Di dunia televisi pun mobil ini kerap menjadi bintang dalam film-film bergenre otomotif, tentu saja yang paling terkenal adalah Fast and Furious Series. Tidak hanya di dunia video game dan TV, keganasannya juga diakui di dunia nyata lewat serangkaian even balap resmi maupun balapan ilegal di seluruh penjuru dunia.


Image Hosted by ImageShack.usDalam 2Fast 2Furious
Skyline GT-R R34 merupakan generasi ke-5 dari keluarga Nissan Skyline yang dirilis pada Januari 1999. Pada awalnya diproduksi dengan dua tipe, yaitu standard dan V-Spec. Tipe V-spec (Victory Specification) memiliki beberapa kelebihan dibanding tipe standard seperti Limited Slip Differensial pada roda dan ATTESA E-TS Pro system. V-Spec juga memiliki suspensi yang lebih keras dan ground clearance yang lebih rendah sehingga membuatnya lebih stabil saat menikung kecepatan tinggi. Pada tahun 2000 diproduksi juga tipe V-Spec II yang ditambah detail carbon di beberapa tempat seperti spoiler dan kap mesin, rotor rem belakang yang lebih besar, serta perubahan di beberapa bagian interior. Selain tipe diatas juga ada lagi tipe M-Spec, ‘M’ diambil dari nama chief enginer Nissan, yaitu Mizuno. M-Spec memiliki fitur-fitur yang dimiliki V-Spec, namun terdapat revisi di bagian kaki-kaki untuk menambah kestabilan mobil. Untuk versi balap Nissan juga memproduksi GT-R R34 N1 yang diproduksi hanya 45 unit di seluruh dunia. R34 N1 memang hanya dikhusukan untuk balap atau race only, karena tipe ini tidak dilengkapi ABS, AC, perangkat Audio, wiper, dan segala hal yang tidak diperlukan dalam balapan. Konsumennya sendiri paling banyak datang dari tim balap seperti Super Taikyu Racing dan Garage Saurus. Adapun tipe lain dari R34 adalah R34-4Doors (4 pintu) yang diproduksi hanya 30 unit di seluruh dunia.. salah satunya ada di Indonesia yang waktu itu sempat diliput majalah MOTOR.
Image Hosted by ImageShack.us 
Disain yang gagah dengan sentuhan Stop Lamp bulat ciri khas Skyline
Tampilannya sendiri bisa dibilang timeless dan ga bosan buat dilihat. Sejak peluncuran perdananya 12 tahun lalu, nyaris tidak tersirat kesan tua pada mobil ini, tetap gagah dan sporty..!. Headlamp black chrome dipadu dengan grill jaring berlogo GT-R semakin menambah aura kebengisan R34. Tak ketinggalan pula 4 buah stop lamp bulat yang menjadi ciri khas Skyline sejak pertama kali diluncurkan pada 1969. Tampilan interiornya sangat sederhana, terutama untuk dashboard yang lebih mirip tampilan dashboard mobil 1500cc ketimbang sportcar. Mungkin karena mobil ini lebih berfokus pada sisi performa, makanya tampilan interior dibuat seadanya.
Image Hosted by ImageShack.usInterior yang sederhana  :)
R34 dipersenjatai oleh salah satu mesin legendaris Nissan ber-klan RB, yaitu RB26DETT. RB26DETT merupakan singkatan dari:
RB = Racing Build
26 = Melambangkan kapasitas mesin, yaitu 2600cc
D = DOHC
E = EFI/ Electronic Fuel injecion
TT = Twin Turbo
Image Hosted by ImageShack.us 
RB26DETT, the Powerfull Engine with Twin Turbo
Konfigurasinya sendiri 6 silinder-segaris yang dilayani oleh 24 katup bersistem buka-tutup DOHC yang mampu memuntahkan tenaga aktual hingga 330hp, namun undang-undang di Jepang menggharuskan semua mobil diberi limiter untuk membatasi tenaganya pada 276hp@6800RPM dan torsi 442nm@4400RPM. Akselerasi 0-100kpj diraih dalam waktu 4,9 detik. Aktualnya R34 sanggup melesat hingga 250kpj, namun akibat limiter kecepatan puncaknya dibatasi hanya 180kpj. Itu baru standarnya, mesin mobil ini bisa dioprek hingga menghasilkan 700hp atau lebih dari dua kali lipat tenaga standarnya, bahkan HKS pernah melakukan modifikasi terhadap Skyline R33(bermesin RB26DETT juga) hingga menghasilkan 1000hp…. dahsyaat!! :o



Sumber : https://emilioarmadasrg.wordpress.com/2011/04/22/japanese-monster-nissan-skyline-gt-r-r34/

0 komentar:

Posting Komentar