Senin, 02 Februari 2015

Spesifikasi YZ250F












 sumber : http://maniakmotor.com/index.php/new-product/4953-yamaha-yz250f-2014-terobosan-injeksi-special-engine-garputala
ManiakMotor – Yamaha special engine di jajaran kuda besi garuk tanah yang terakhir menggunakan sistem injeksi. Lawan-lawannya malah sudah lima tahun lalu menerapkannya. Yamaha menyebut semprotan bahan bakar elektornik ini dengan   Yamaha Fuel Injection (YFI) pada Yamaha YZ250F 2014.











Sebenarnya masih ada kakaknya  YZ450F yang berapasitas 450 cc. Di arena motocross dunia disebut MX1 Class alias kelas yang kastanya paling tinggi  dimainkan crosser profesional di AMA Supercross dan World Moto-X Champ.
Sedang YZ250F adalah MX2 Class alias kelas 250 cc yang  lebih rendah kastanya namun menggunakan semua teknologi yang dipakai di 450. MX2 populer  di kejurnas motocross Indonesia. Jadi, lebih apdol mengulas yang 250 cc-nya lantaran motornya digunakan dalam ketangkasan garuk tanah di negeri dewek.
YFI pada YZ250F 2014 memang mengubah semua konstruksi motor ini. Penggunaan injeksi, jangan sampai menghilangkan karakter garuk tanah. Misalnya, YFI memaksa leher kenalpot melingkari silinder. Dengan ini saja ruang dudukan mesin terhadap rangka  otomatis butuh tempat lebih luas. Apalagi full sistem knalpot dibikin lebih dekat gravitasi bumi (rendah) yang dianggap membawa gerakkan motor mudah dikontrol.
Nah, sekalian saja disebut All New Yamaha YZ250F 2014 dan memang jauh berubah dari produksi 2013. Sedang versi 2013 tidak banyak berubah dari 2012 yang sama-sama masih karburator. Dalam testing yang dilakukan crosser profesional di Amerika dan bukan crosser asal-asalan, seperti tester media di Indonesia termasuk portal ini, pendapat mereka boleh dipercaya. Mereka menguji YZ250F di triple jump, melahap lumba-luma empat gundukan sekaligus dan melakukan 'gradak' di superbowl , dikatakan telah terjadi revolusi yang bukan evolusi pada YZ250F 2014.
Tenaga rata dan besar, tapi halus yang jaminan membuat stamina crosernya awet. Motor meyakinkan melakukan manuver yang tersulit sekaligus. Itu katanya bisa dilakukan berulang-ulang (konsisten) dibanding para pendahulunya. Ya itu tadi, semprotan bahan bakar menggunakan electronic fuel injection (EFI) yang tidak berubah walau motor meloncat dan berguncang saat mendarat.








Bila melihat spesifikasi YFI-nya, power selain rata tadi juga padat. Ente bayangkan, saat masih menggunakan karbu, venturinya hanya 39 mm yang dilayani Keihin FCR. Sekarang dengan injeksi, diameter throttle body yang juga dipasok Keihin menggunakan 44 mm. Wuih... Belum lagi, sudah beredar aftermarket ECU-nya, untuk menyumpal  diameter yang dilewati  bahan bakar.
Katanya, ya kata para crosser yang mengetesnya, di berm – itu loh, tikungan luar yang ada dinding tanah – roda  aktif dapat grip. Namun guncangan sampai ke anatomi crosser berkurang dari pendahulunya. Padahal menikung di berm, putaran mesin berada di tengah ke atas. Itu sama dengan full gas. Ya iyalah, itu kan khas menikung di berm. Juga sama enaknya 'dilipat' dari tikungan dalam yang butuh motor cepat balik arah, walau terjadi off throttle alias tutup gas.
Di Indonesia Aldi Lazaroni yang membela Gandasari MX  dari Jogja yang langgangan menggunakan Yamaha. Ia juga sudah coba versi injeksi ini saat menuntaskan juara nasional motocross Indonesia 2013. Kan, SE keluaran 2014 sudah terbit di pertengahan tahun sebelumnya. Portal ini saja terlambat menulisnya. Hehe. Ito  

Spesifikasi Yamaha YZ250F 2014
Engine
Type
249cc liquid-cooled DOHC 4-stroke; 4 titanium valves
Bore x Stroke
77.0mm x 53.6mm
Compression Ratio
13.5:1
Fuel Delivery
Yamaha Fuel Injection (YFI), Keihin® 44mm
Ignition
TCI
Transmission
Constant-mesh 5-speed; multiplate wet clutch
Final Drive
Chain Drive
http://www.yamahamotorsports.com/assets/common/blank.gif
Chassis
Suspension / Front
KYB® Speed-Sensitive System, inverted fork: fully adjustable, 12.2-in travel
Suspension / Rear
KYB® Fully adjustable single shock; 12.4-in travel
Brakes / Front
Hydraulic single disc brake, 250mm
Brakes / Rear
Hydraulic single disc brake, 245mm
Tires / Front
80/100-21 Bridgestone® M404-A
Tires / Rear
100/90-19 Bridgestone® M403
http://www.yamahamotorsports.com/assets/common/blank.gif
Dimensions
Length
85.2 in
Width
32.5 in
Height
50.4 in
Seat Height
38.0 in
Wheelbase
58.1 in
Ground Clearance
12.8 in
Fuel Capacity
2.1 gal
Wet Weight***
231 lb
http://www.yamahamotorsports.com/assets/common/blank.gif
Other
Warranty
30 Day (Limited Factory Warranty)

Spesifikasi 2013

Year
2013
Manufacturer
Yamaha
Model
YZ250F
Engine Type
DOHC 4-stroke; 5 titanium valves
Engine Displacement
250cc
Bore & Stroke
77.0 mm x 53.6 mm
Compression Ratio
13.5:1
Cooling
Liquid-Cooled
Fuel System
Keihin FCR MX39
Ignition
CDI
Starting System
NA
Transmission
Constant-mesh 5-speed; multiplate wet clutch
Final Drive
NA
Rake and Trail
NA
Wheel Base
58.1 in.
Seat Height
39.0 in.
Front Suspension
KYB Speed-Sensitive System, inverted fork: fully adjustable, 11.8-in travel
Rear Suspension
KYB Fully adjustable single shock; 12.5-in travel
Front Brake
Hydraulic single disc brake, 250 mm
Rear Brake
Hydraulic single disc brake, 245 mm
Front Tire
80/100-21
Rear Tire
100/90-19
Fuel Capacity
1.6 gal.
Dry Weight
227 lbs. (Wet)   

1 komentar:

  1. Spesifikasi Yz250F ~ Blog Pemula \( ˆ▽ˆ )/ >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Spesifikasi Yz250F ~ Blog Pemula \( ˆ▽ˆ )/ >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Spesifikasi Yz250F ~ Blog Pemula \( ˆ▽ˆ )/ >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus